jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Monday, February 29, 2016

Seperti Kata Buku : SUKSES BEKERJA DARI RUMAH

#OriflameChangesLives

--

Eh, ini bukan review buku ya...

--

Sebuah cerita ::

"Nanti lulus kuliah, kamu mau kerja apa, dimana?"
"Kerja dirumah aja, hm... Jualan online, atau terima job gambar freelance, nulis novel atau publish beberapa cerpen di majalah."
"Emang bisa?"
"Sekarang tuh jaman internet, semua pasti bisa lah..."
"Bukan, maksud aku. Gimana ngatur waktunya kerja di rumah, kerjaan di rumah kan gak ada habisnya."
"Ya, itu sih pinter-pinternya ngatur waktu aja. Pasti bisa. Lagian kalau sudah nikah, punya anak, trus apa tega ninggalin anak 12 jam sehari?"
"Mana ada kerja kantoran 12 jam sehari?"
"Ada tau... Di Jakarta, orang-orang berangkat jam tujuh pagi dari rumah, pulang kantor sampe rumahnya sudah jam tujuh malam."

....

Lima tahun kemudian.

"Kamu kerja apa sekarang?"
"Tetap, di kantor X di Bandung afiliasinya dari Jakarta juga."
"Wah, lumayan tuh gajinya."
"Ya, Alhamdulillah. Sudah ada mobil dan rumah. Kamu apa kabar anak dan suami?"
"Alhamdulillah, sehat. Kamu sehat kan?"
"Sehat. Senang deh lihat foto kamu di facebook sama anak dan suami. Meriah. Seru ya bisa kerja dan punya penghasilan walopun cuma dari rumah aja."
"Ya, Alhamdulillah. Empat tahun kerja jadi buruh sana-sini. Akhirnya suami dukung untuk jalanin usaha bareng. Hampir dua tahun ini, Alhamdulillah lancar."
"Kapan-kapan aku diajakin bisnisnya ya. Biar bisa kayak kamu. Kerja dari rumah. Capek juga rasanya kalau nanti habis kontrak, pensiun, belum ada jaminan hari tua."
"Insya Allah, kalau kamu mau mulainya dari sekarang juga bisa, kok."
"Gak usah sekarang lah, aku sudah terlalu sibuk. Anakku saja terpaksa aku titipin sama ibu. Dua minggu sekali aku jenguk dia di Surabaya."
"OK. Kapan saja kamu mau mulai, kamu bisa telpon aku."

....

Dua tahun kemudian.

"Eh, kok disini? Gak ngantor?"
"Sudah resign bulan lalu. Anakku sakit. Ibu sudah gak kuat harus urus rawat jalan."
"Wah, maaf. Lama gak tanya kabar kamu."
"Eh, kamu lagi ngapain? Sakit?"
"Nggak, barusan suntik meningitis, insya Allah minggu depan berangkat umrah."
"Wah, Alhamdulillah. Bisnismu lancar ya."
"Alhamdulillah. Ini juga berangkat umrah dapat bonus totalan dari bisnis bareng suami."
"Berangkat berdua?"
"Alhamdulillah, ber-empat sama anak-anak."
"Wah. Semoga lancar semuanya, ya."
"Amiin. Eh, iya. Nanti pulang umrah aku main kerumah boleh, ya. Sekalian jenguk anakmu."
"Boleh. Kabari aja kalau mau main."
"Insya Allah."

....

Dua bulan kemudian.

"Kekhawatiranku yang paling besar adalah tidak punya kesibukan. Karena itu yang jelas-jelas aja, deh.
Sebenarnya, gaji bulanan suamiku cukup. Tapi kalau tidak ada rutinitas, aku takut jadi tambah bodoh.
Kalau di rumah saja, pekerjaan rumah itu gak ada habisnya. Aku gak pinter ngatur waktu. Ritme kerja di rumah dan di kantor jelas beda. Aku rasa aku gak bakalan sanggup kalau jadi ibu rumah tangga, tapi ngejalanin bisnis juga....."

Dan segala macam alasan, keluh kesah, juga curahan hati menggalau itu, menggagalkan rencana awal untuk memulai bekerja dari rumah.

--

Eh, cerita apaan sih itu tadi?
Panjang banget, ya?
Ya. Intinya. Setelah saya mengupas satu-satu halaman buku SUKSES BEKERJA DARI RUMAH, saya menyimpulkan sedikiiiit saja ::
1. Bekerja dari rumah itu adalah tanggung jawab besar, pada keluarga, lingkungan, juga diri sendiri. Harus tahan banting, kuat dinyinyirin, atau bahkan dikucilkan.
2. Bekerja dari rumah itu harus mau mengembangkan jaringan, jangan merasa gak punya teman karena gak keluar dari rumah. Kumpulkan banyak orang, datangkan kerumah. Bikin acara, gabung komunitas, dan yakinlah bahwa teman itu ada dimana-mana.
3. Bekerja dari rumah itu adalah keistimewaan tak berbatas bagi ibu, untuk terus berada di dekat buah hati, selalu dalam jangkauan radar suami, dan berbagi arti pada banyak pemerhati.

Baiklah, itu dulu secuplik dari saya. Kalau kamu mau mencoba bekerja dari rumah, saatnya kamu menghubungi saya.
Boleh bbm di 5BCCF733, karena saya selalu online. Wa saya di 08888057770. Gak ada ruginya kok memulainya dari sekarang, karena esok adalah rahasia.

.salam.
.phy.

Gambar :
Ni Made Sugiarti : memulai bisnis Oriflame sejak masa kuliah, dan sekarang sangat menikmati waktunya sebagai ibu yang bekerja dari rumah. Bekerja dari rumah bukan berarti di rumah melulu. "Enjoy your time being a mom, and being a working woman"

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan dan komentar anda disini