Powered By Blogger
Jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Wednesday, February 20, 2019

[0055] Autentisitas

:: Bentuk Otentik Sebuah Fisik ::
.
.
.
Ini tadi malam nemu kata, tapi paginya lupa.
.
Intinya?
.
Mau ngomongin, kenapa saya susah sekali membedakan wajah si A, B, C saat nonton DRAKOR.
.

Hahahaa... Ternyata karena aktrisnya sama, itu-itu aja.
Lagian nontonnya cuma yang di Li-Ne Today Channel.
.

Jadi, menyoroti bentuk karakter wajah perempuan Korea yang hits di layar kaca. Mereka itu gak sama, tapi mirip. Terlebih dengan kulit putih glowing, bibir peach ombre, dan juga rambut lurus tergerai.
.
Hahaha, yes. Saya jadi susah bedakannya.
.
Walau sebenarnya, saya jadi lebih mudah menggambarkan karakter si tokoh dalam cerita.
Ya.
Saya lebih tau bagaimana si tokoh dalam cerita, cantik penurut, pemberani dan klasik, atau bahkan pemalas yang lugu.
.
Baiklah, sudah beberapa judul saya tonton sejak 2018 lalu. Sebelumnya saya jarang nonton Drama Korea. Tapi sejak Decendants of the Sun nge-hits di TV, saya jadi cari-cari lagi referensi judul yang OK.
.
Saya penggemar cerita romantis dengan bumbu fantasi lebih ++ lagi nilainya.
Terakhir saya nonton MonStar waktu masih punya TV, dan pakai saluran berbayar.
MonStar itu cerita romantis remaja, dengan isi cerita penuh lagu.
.
Pilihan saya jatuh pada channel Li-Ne Today. Saya mulai nonton Goblin, Strong Woman Do Bong Soon, My Love from the Star, Hwarang, While You Were Sleeping, Black Knight, dan seterusnya.
.
Setiap kali ada waktu luang menambah referensi cerita fantasi, atau romance, saya akan menyisakan kuota buat nonton.
.
Terakhir saya nonton W. Ini seru banget, walau endingnya - imajinasi sekali.
.
.
.
Eh, balik lagi ke judul post ini : AU-TEN-TI-SI-TAS.
.
Saya lagi mau cerita tentang otentisitas sebuah penampilan.
Dari semua wajah yang berseliweran di drama korea, saya hanya hafal dua wajah Yoo In Na dan Song Hye Kyo.


Hahahaaaa.



Padahal saya lama gak pernah nonton drama lagi sejak masa-masa HITS Dorama, pertama nonton drama korea lagi setelah jaman Full House, lalu itu berhenti lagi... Gak pernah nonton lagi.
Tiba-tiba nonton Coffee Prince, dan lalu berserakanlah drama korea di televisi.
Saya tau wajah, tapi gak tau nama orang aslinya.
Setelah mereka ganti judul drama, saya hanya tau wajahnya sama, serasa semua mirip....
.
Jadi kemudian, saat saya mengikuti berita tentang op-plas di Korea, terbesit 'curiga' alias prasangka, bahwa mereka memang sengaja menyamakan rupa.
Bentuk dagu panjang dan oval, hidung bangir yang simetris, bahkan mata mereka semua double-eyelid.
.
Yang asli one-eyelid nya saya tau cuma Kim Go Eun (Ji Eun Tak : Goblin).
.
Padahal, kalau dilihat dari karakter fisik orang Asia Timur, mereka seharusnya punya one-eyelid yang cukup dominan, karena Jepang, Cina, Mongol yang tetanggaan, mereka semua masih satu ras (secara fenotipe dan genotipe nya).
*detailnya bisa cek di google-wikipedia ; Ras Mongoloid*
.
.
.
Lalu kenapa kemudian mereka mengubah otentisitas karakter fisiknya?
.
Ada banyak ulasan yang sudah ditulis para pengamat, peneliti, juga penggemar Hallyu. Saya pembaca saja.
.
.
.
Bergeser pada, bentuk otentik sebuah fisik.
Bagi saya masih lebih mudah mengenali karakter wajah orang Jepang. Dengan wajah lebar, dagu persegi, juga mata yang sudutnya naik. Hm, saya bilangnya seperti mata rubah. 
Hm, kalau perempuan Jepang biasanya wajahnya bulat dengan dahi sempit.
Atau kalau agak oval, maka bentuk dagu yang persegi akan tampak jelas.

.
Otentisitas fisik kita, menggambarkan dengan jelas dari mana asal kita.
Darah yang mengalir tidak tampak, tapi dari penampilan fisik yang asli, maka kita akan bisa dikenali.
.
Saya pun mengalami hal yang sama. Walau saya ngaku AREMA, tapi wajah saya tidak Jawa. Hanya saja syukurnya kita masih Orang Indonesia yang tinggal di Indonesia, dan tentunya BHINEKA TUNGGAL IKA.
.
.

.
Aaaah, kan! Tulisannya jadi kemana-mana.
Intinya?
Menjadi asli dan otentik itu perlu, harus dijaga.
Jangan sampai tidak dikenali karena kamu berubah jadi mirip orang lain.
Atau malah di-debat suamimu nantinya, karena anakmu tidak mewarisi garis wajahmu.
.
.
.
Banyak sekali hal seru tentang ini.
Semoga ada pembelajaran dari tulisan ini.


🙏😊❤
.phy.

13 comments:

  1. Pemain drama korea itu wajahnya pasti tirus dan ganteng dan cantik,tapi bukan tanpa alasan sih,diet mereka ketat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes.
      Kalau itu iya.
      Mereka sangat disiplin.
      Karena juga dibayar mahal.

      Delete
  2. Yups, perlu banget. asli, otentik, itu menjadi sebuah kewajiban bagi kita. Jadi kita tahu berasal dari mana seseorang. Biasanya kelihatan dari wajah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *pesan tersampaikan*
      Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  3. Awal nonton drakor juga susah bedain wajah. Semuanya mirip meski aktor dan aktrisnya berbeda. Entahlah, mungkin karena otentisitas atau saya yan tak terbiasa. Sekarang juga tiap nonton drakor saya suka lupa. Soal oplas,, aduh banget. Itullah jebakan dunia hiburan yang mengandalkan tampilan fisik agar layak jual. Saya suka drakor yang pemerannya bertampang biasa saja namun terasa unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya serupa berarti, gak cuma saya yang ngerasa mereka mirip.

      Delete
  4. Artis skrg memang ga jauh dr yg namanya oplas, Klo oplas saya rasa gak korea aja, jepang pun begitu seperti meniruskan wajah dan kelopak mata menjadi double eye lid sudah mnjadi tren mereka juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena artis Jepang gak selebihnya artis korea op-plas nya, jadi gak rame juta di med-sos.

      Delete
  5. Aku susah hafal sama wajah, apalagi yang bentuk wajhnya itu sama. Jangankan artis korea, waktu sd aku susah bedain dua temenku yang emang menurutku bentuk wajahnya mirip, padahal sekelas udah 3 taun *eh kok malah curhat hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga punya kembaran waktu SMP. Salah satu guruku sering salah nyapa.

      Delete
  6. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    ReplyDelete
  7. Did you know there's a 12 word sentence you can say to your crush... that will induce intense emotions of love and impulsive attraction for you deep within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, cherish and care for you with all his heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will make him try harder than ever before to to be the best lover he can be.

    As a matter of fact, fueling this dominant impulse is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll instantly find him expose his heart and mind for you in such a way he never experienced before and he'll see you as the one and only woman in the world who has ever truly interested him.

    ReplyDelete
  8. Water Hack Burns 2 lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160000 men and women are losing weight with a simple and SECRET "water hack" to lose 1-2lbs each and every night in their sleep.

    It's easy and it works on anybody.

    This is how you can do it yourself:

    1) Go get a glass and fill it with water half the way

    2) Then use this proven hack

    so you'll be 1-2lbs lighter when you wake up!

    ReplyDelete

tinggalkan pesan dan komentar anda disini