Powered By Blogger
Jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Thursday, December 12, 2013

[ephy] Halaman Saya

ada yang bilang, semua terserah pada saya.
mau jadi apapun saya, itu adalah pilihan pribadi saya.

sebenarnya sulit untuk menahan diri untuk tidak berkomentar sinis dan kejam pada suatu hal yang saya sangat tahu itu salah.

tapi kebenaran dalam setiap kata, maksud baik di dalam kalimatnya, juga pesan yang tersirat atau tersurat menjadi pengendali saya dalam menulis.

ini adalah halaman saya, tentu saya boleh menulis apa saja didalamnya.

walau ada hal yang berkaitan dengan opini publik, apa pun yang hendak masyarakat umum katakan. tapi ada baiknya kita juga memperhatikan bagian-bagian didalam sebuah permasalahan, pendapat, atau kerumitan pola pikir orang lain.



jujur saja, bahkan saya tidak perlu membela diri dengan apa yang saya sampaikan pada tulisan saya. karena saya tahu, apa yang saya tulis dalam tulisan-tulisan saya, adalah sama dengan apa yang saya sampaikan dalam lisan saya.

dan menjaga lisan itu hukumnya adalah WAJIB.

ada LISAN dalam TULISAN.

jadi, siapapun anda. apapun pendapat anda mengenai opini saya. saya tahu, mungkin sebagian besar dari anda tidak pernah mengenal seorang ephy sebelumnya.

tapi bagi anda yang pernah bertemu muka dan bicara langsung dengan saya, anda pasti sangat tahu bagaimana objektifitas saya bersikap pada suatu pendapat dan masalah. dan subjektifitas saya adalah pada bagaimana kalimat itu disampaikan. dengan nada atau maksud baikkah? atau sebaliknya. tapi dalam tulisan, saya akan selalu berprasangka baik, karena kita tidak bicara dengan bertatap muka.

--

sedikit saya mau mencuplik tulisan salah seorang kenalan di halaman facebooknya, judulnya INSTAN :


Hal-hal yang dulu harus dimiliki lewat proses yang cukup panjang dengan berbagai tahapan yang tidak mudah, sekarang bisa diraih dalam waktu singkat dan serba instan. Sehingga bersiap-siaplah untuk terus menghadapi gempuran informasi yang tidak hanya membutuhkan kecerdasan, tetapi juga kebijakan dan prasangka baik kita dalam menyaring dan menghadapinya. 
Sayangnya, untuk mengajak para pengguna internet berhati-hati dan bijak dalam memanfaatkan "media penyiaran" pribadinya, tidak bisa dengan cara instan. Perlu proses panjang dan kesabaran untuk mengedukasi mereka yang sedang mengalami "culture shock" di era globalisasi ini. 
Yang penting, kita mulai terlebih dahulu dari diri kita masing-masing dan orang-orang terdekat kita. Kitalah yang harus memegang "kuncinya". Kunci agar kita tidak mudah terbawa arus cepatnya gelombang informasi yang terkadang simpang siur dan meragukan kebenarannya.
Jadi ada baiknya, setiap pembaca mau berprasangka baik pada semua informasi yang dihadirkan media. apapun, kalau kita hanya berniat menghujat dan memaki. lakukan itu di dalam hati. karena dalam perputaran dunia sekarang ini, lebih baik jika kita bisa mengutamakan bicara yang baik, berkata yang jujur, dan menghakimi dengan hati tenang.

mungkin sekian dulu.
demi apa saya menulis ini???

demi ini.



terima kasih karena sudah menemukan saya disini.

salam hangat dari kota adem Malang
-ephy-
seorang perempuan yang menulis
demi kebaikan.


No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan dan komentar anda disini