jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Saturday, July 22, 2017

MANDI BERSIH ATAU MANDI WANGI ?

MANDI WANGI 
ATAU 
MANDI BERSIH?
-
Kalau ditanya, “Apakah kamu mandi dua kali sehari, setiap hari?” Saya kira akan lebih banyak jawaban tidak. Karena sebenarnya, mandi dua kali sehari setiap hari bukanlah suatu kewajiban (langsung dikeplak emak karena malas mandi).

Lalu, berapa kali sehari seharusnya kita mandi? Saya coba ‘googling’ untuk mendapatkan jawaban yang eksis hari ini (karena teman-teman yang saya tanya pada gak mau jawab, rahasia kata mereka).

Saya salinkan dari halaman HDI INDONESIA ;
*https://www.hdindonesia.com/info-kesehatan/berapa-kali-mandi-yang-ideal

Jadi, pilihan untuk mandi dua kali sehari, satu hari sekali, atau dua hari sekali, sebenarnya optional tergantung pada masing-masing individu.

((Meski secara umum kita minimal perlu mandi dua kali sehari, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Salah satu yang penting adalah menghitung jarak waktu mandi saat ini dan selanjutnya. Hal ini penting karena terlalu sering mandi juga tidak baik bagi kesehatan kulit. Terlalu sempit jarak mandi Anda bukannya akan membuat kulit terjaga optimal namun justru akan merusaknya.))

-
 *gambar dari google

Saat kecil, mama saya membiasakan anak-anaknya mandi dua kali sehari, mandi pagi dan mandi sore. Saat sudah sekolah, kami biasa mandi antara jam 4 hingga jam 5 pagi, dan mandi sore antara jam 3 hingga jam 4. Setelah dewasa, kami memilih jam mandi kami sendiri, sampai SMA saya masih selalu mandi pagi setiap mau berangkat sekolah, dan sore hari setelah ber-olah raga. Setelah kuliah, mandi pagi saja yang wajib, mandi sore optional, setelah jadi ibu? (mari perhatikan ibu-ibu disekitaran kamu saja ya…)

Saya pribadi tidak punya jam khusus untuk mandi pagi, tapi akan jadi keharusan jika kepala sudah panas dan gatal. Maka saya akan meluangkan waktu antara 20 hingga 30 menit untuk bersemedi di kamar mandi (lama banget? Iya! Sekalian sikat lantai dan kuras bak mandinya).

Kalau dua anak saya, wajib mandi pagi. Sedangkan sore, saya hanya menetapkan peraturan untuk bebersih diri, tidak harus mandi. Mereka bisa minta mandi sore jika dirasa sangat butuh, semisal baru dari perjalanan jauh atau beraktifitas dengan banyak keringat.

.

Mandi itu identik dengan dua hal, bersih dan wangi. Ada sih yang tidak mewajibkan wangi, tapi harus bersih dan kesat. Aih… setelah belajar banyak tentang mandi, saya jadi paham, kulit kesat itu tidak selalu bersih ternyata. Karena saat kulit kesat setelah mandi, berarti ada banyak kelembapan kulit kita yang hilang. Yang terkelupas bukan hanya sel kulit mati, tapi juga kita minyak tubuh*. Tanpa kita sadari mengulangi proses – sabunan ternyata juga meninggalkan jejak sabun di permukaan kulit yang seharusnya tidak terbebani dengan zat lain setelah dibersihkan. Dan itu semakin menggerus kelembaban kulit.

Terlalu rumit, ya? 

Baiklah, mari kita sederhanakan saja agar cerita ini jadi tidak terlalu panjang dan membosankan. Karena bicara tentang mandi, tidak semua orang suka urusan pribadinya di-intervensi orang asing.

Kalau ada tipikal pecinta kebersihan, mandi dua kali sehari itu wajar. Mandi lebih dari dua kali sehari? Ada baiknya kita juga memperhatikan material kimia yang kita pakai saat membersihkan diri.

Jika suatu produk hanya akan meninggalkan kesan bersih dan kesat (kering) di kulit, berarti kita membutuhkan lebih dari sekedar pelembab kulit. Bisa dipilih antara lotion, cream pelembab. Namun jika produk yang kita pakai memberikan kesan bersih tanpa rasa kesat. Mari kita tilik sejenak kandungan dari si produk. Beberapa yang diiklankan di televisi, ada kandungan ‘moisturizing cream’ sedangkan di produk yang lain, ada kandungan minyak alami yang membantu menjaga kelembaban kulit. Info yang lain, juga menyatakan, kandungan sodium hidroksida –lah yang membuat kulit jadi terasa kering.

Dari halaman  alodokter ;
*http://www.alodokter.com/memilih-sabun-sesuai-kebutuhan-kulit

((Kandungan sodium hidroksida di dalam sabun batang memang berguna untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Meski begitu, kandungan sodium hidroksida dalam sabun batang juga dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Jika Anda tetap lebih memilih sabun batang, pastikan sabun pilihan Anda tidak mengandung alkali yang tinggi yang dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kering. Sebaliknya, gunakan sabun batang yang mengandung banyak emolien untuk menjaga kelembapan kulit.))

.

Jika kita buat sebuah himpunan sedernana tentang apa yang dikerjakan oleh para konsultan sebuah perusahaan kosmetik, maka ada beberapa yang dominan. Yang menawarkan kosmetik saja, atau yang menawarkan skincare- set saja. Tapi ketika saya memilih untuk menjadi konsultan dari Perusahaan Colour Cosmetics No.1 di Indonesia (bersdasarkan nilai penjualan Euromonitor 2016), maka saya lebih memilih untuk menawarkan produk ‘toiletries’ yang kandungannya alami dan biodegradable, dan juga...  produk parfumnya.

Kali ini sengaja saya bicara tentang mandi, karena bulan Agustus 2017 ini, ada peluncuran kembali produk HOME SPA yang tidak saja alami, tapi juga ramah bagi alam setelah pemakaiannya (biodegradable).

Produk-produk ini awalnya bernama Nature Secrets; shower gel, shower cream, soap bar, shampoo, conditioner, hair maskdan body cream. Lalu sekarang di luncurkan kembali dengan image baru bernama Love Nature.

Image Love Nature sendiri sudah dikenal dengan rangkaian skincare-set yang alami dan ringan di kulit. Ada Love Nature skincare-set; aloe vera, tea tree, wild rose, grape, chamomile. Lipbalm; strawberry, cherry, dan raspberry. Face mask; oat, burdock, dan cucumber.

Untuk yang baru, dan akan bisa dibeli di bulan Agustus ini, ada shower gel mint&raspberry yang aromanya tetap sama dengan yang seri nature secrets. Dan juga shower gel strawberry&lime dengan aroma identik dari kesegaran buah strawberry. Lalu satu dari seri Lavender yang kembali hadir, kali ini dalam bentuk body lotion yang saya sangat suka kelembutan aroma lavendernya.

.

Bicara tentang nature secrets dan love nature, saya selalu menghadiahkan shower gel/cream nature secrets kepada kawan-kawan yang baru melahirkan. Produk ini selalu menghadirkan kesenangan saat mandi, bahkan ketika memandikan anak-anak juga. Dan mandi merupakan me-time terbaik bagi ibu-ibu yang memiliki kesibukan penuh dengan bayi-bayinya.

Kali ini, saya akan rekomendasikan set favorit saya;
Untuk pemakaian sehari-hari bersama keluarga ; love nature exfoliating shower gel energizing mint & raspberry + love nature shampoo for dandruff control tea tree oil & burdock.

Untuk hadiah ibu yang baru melahirkan ; love nature shower cream softening avocado + love nature 2in1 shampoo for all hair types avocado oil & chamomile.

Untuk hadiah hantaran pernikahan yang cantik dan segar ; love nature exfoliating shower gel refreshing strawberry & lime + love nature shampoo + conditioner for dry hair wheat & coconut oil.

 -- 

.

Karena setiap produk memiliki keistimewaannya masing-masing, dan tubuh kita memiliki kebutuhan yang berbeda satu dan yang lain. Jadi, pilihan terbaik ada ditangan kamu.



.selamat bersenang-senang.
.phy.
konsultan independen #Oriflame Indonesia
owner toko kado online #tokobundasaffa

1 comment:

  1. mandi memang dua kalai sehari ay , tp kebiasaaan itu berubah seiring waktu. anakku juga begitu dulu algi kecil sehari dua akli skrg sdh dewasa mau2nya sendiri

    ReplyDelete

tinggalkan pesan dan komentar anda disini