Powered By Blogger
Jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Saturday, December 15, 2012

[ephy] Interconnection with : Raksasa dari Jogja

I'm so stupid to write in the early morning - without sleep....

apa itu kalimat pembuka yang jelas? tapi rasanya menyenangkan sekali, pada akhirnya bisa baca buku lagi (setelah sekian lama cuma membaca di dunia maya). dan akhirnya aku menuliskan review secuplik ini.

oke, pada awalnya aku tertarik untuk ikut kompetisi menulis #CeritaCintaKota yang diadakan oleh plot point kreatif. aku sudah selesai menulis ceritanya, judulnya "Hujan, Desember, dan Kamu"
sudah siap kirim, hanya saja karena tenggat waktunya masih lama, jadinya aku menyelesaikan tulisan yang lain dulu. dan herannya, aku membulatkan tekad untuk sedikit ber-sedekah ke toko buku dan para penulis dengan membeli beberapa buku sekaligus di satu sore yang hampir mendung.

ngeborong novel di Togamas - Malang

nah, dari buku-buku yang aku dapatkan itu, aku mencoba untuk membaca buku terjemahan. hanya saja dengan satu dan dua alasan, akhirnya aku memutuskan untuk membaca habis RAKSASA DARI JOGJA.
oke, masih ada kepentingan penulisan untuk kompetisi menulis yang ingin aku ikuti, secara... aku gak tau seperti apa isi dan contoh yang menjadi alasan diadakannya kompetisi menulis itu....

tapi....

ta...ra...

ada inter-connection setelah aku membaca PROLOG nya. seperti kembali ke masa-masa sekolah, ketika aku menjadi pecinta dan mengkarya banyak kalimat indah dalam keseharianku. aku pernah dianggap 'alien' kala itu, karena mem-puisikan semua kehidupan yang aku alami. sampai diusir guru bahasa indonesia karena tidur di kelas?

mungkin pengalaman @dwitasaridwita (akun twitternya) tidak separah yang aku alami dalam proses menghasilkan karya. tapi yang pasti, rangkaian kalimat-kalimat indah nan puitis itu memang serasa menghubungkanku kembali melalui alam bawah sadarku, kenangan-kenangan masa SMA.

untuk cerita didalam rangkaian bab-bab-nya, ada satu - dua bagian yang aku tidak setuju. tapi seperti itu cerita dibuat, ada masalah yang dituliskan untuk menjadikan suatu konflik, dan cerita pantas dibaca.

yang terasa amat istimewa dari cerita ini adalah penggambaran karakter 'raksasa'  dan bianca yang sangat puitis, cuplikan-cuplikan manis yang terjadi yang mengantarkan keduanya pada pertemuan-pertemuan istimewa. begitu juga dengan setting lokasi dan penjabaran event-event menarik dalam kebersamaan mereka.



'lihatlah keatas. temukan cinta'

tag-line dari judul-nya, memang membuat penasaran. apa yang ada di atas? tapi sangat menyenangkan begitu tahu penulis mencoba membuat koneksi dan pendekatan yang manis untuk 'yang di atas'. secara saya belum pernah berhasi melakukan hal yang serupa.
tapi tidak ada salahnya jika dicoba lagi nanti.

catatan untuk editornya... *sometextmissing*
halaman 223 *yang sejak tadi diparkir di .....* (salah kata)
halaman 252 paragraf *raut wajah bianca berubah .....* (hilang satu atau dua kata akhir sampai titik)

oke, itu dulu sedikit review dari saya, kalau-kalau si penulis sempat membaca tulisan emak-emak yang belum tidur ini.... mungkin mau mampir dan mengenal saya jaman dulu... disini 

terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan ini.



ephy
review singkat yang gak tau mau ditulis di halaman yang mana
tidak di eksplorasi bumi atau dalam cerita saja

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan dan komentar anda disini