Powered By Blogger
Jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Wednesday, April 02, 2014

[Me] Sesap, Lenyap, Menemukan

Dalam kehidupan, ada masa kita mencari waktu untuk bisa melakukan jeda.
Saat jeda itu kita dapatkan, lalu apa yang akan kita lakukan?


Saya mencobanya...

Menyesapkan diri dalam keriuahan perbincangan tentang banyak hal, saya belajar mendengarkan dan seakan-akan tidak mencoba ikut ambil bagian apapun.
Proses belajar ini cukup berat bagi saya yang sering kali berusaha untuk selalu bersuara, didengarkan, dan memberi pengaruh pada banyak hal dalam kehidupan saya.
Beberapa orang berkomentar saya lenyap, menghilang dari peradaban dan kebiasaan saya bersuara lewat tulisan. Tidak mengisi blog salah satunya....
Tapi memang tidak banyak yang memahami, jeda yang saya ambil kali ini memang saya manfaatkan untuk menjadi pendengar, menyimak, berusaha mengenali banyak hal dari berbagai sudut pandang.
Apa yang saya dapatkan kemudian?
Saya menemukan.
Ada beberapa orang yang membuat saya terinspirasi kemudian. Proses menemukan kali ini jadi lebih berarti karena tantangan yang saya hadapi juga tidak mudah.

Saat saya berniat menemui Anies Baswedan yang bertandang ke Malang, ada tanggung jawab di rumah yang tak bisa saya abaikan.
Saat saya ingin menulis karya besar, saya berbenturan pada kata-kata yang hanya menggenang, tidak tertumpah, dan saya mengumpulkannya dalam buku saja, tidak menguraikannya dalam bantuk besar.
Saat saya akan mulai menulis kembali, saya mendapatkan jeda panjang dimana saya menghadapi lelah, enggan, dan mimpi bersamaan.

Ya... serasa dimanfaatkan bukan? Oleh apa? keributan dan keriuhan yang tak terkontrol, komentar panjang dan masukan yang bertubi-tubi.... sesekali terbanting, remuk, luka, dan merintih dalam lelah dan penat.

Setelah jeda kemarin, saya sudah menemukan. Satu titik dimana saya harus kembali.
Menulis lagi, mengalahkan rasa enggan dan sedih yang merajam impian besar saya.

Jadi, saya sudah kembali sekarang.

Ephy
on progress...

1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

tinggalkan pesan dan komentar anda disini