Powered By Blogger
Jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Saturday, April 21, 2007

kartini

aku sedang lapar...
dan aku ingat setumpuk camilan di meja belakang
tapi aku sedang tidak ingin makan
yang ingin aku lakukan detik ini adalah menulis
merangkaikan kata yang memang aku suka

ah.... iya.
aku ingin bercerita tentang kartini
yang pada halaman "satu lagi" aku mempsoting beberapa sajak
dari kemarin ingin kirimkannya ke beberapa media
tapi kesibukan yang tidak terkontrol membuatku menunda dan... batal

lalu apa yang akan aku tulis di halaman ini?

aku menulis sambil mencoba menemukan beberapa halaman yang mungkin bisa memotifasiku
salah satunya golagong.com dan rumahdunia.net

mencoba temukan profil kartini

aku kartini
mamaku kartini
bu ertien -dosenku- juga kartini

aku ingat!!!

seorang yang sangat kartini!
butet manurung!
dia perempuan hebat!
selevel kartini, kartini era modern. kemarin aku baca profilnya di majalah Annida minggu ini.

kartini seakan telah jadi simbol perempuan, namun hari ini tidak semua perempuan kenal kartini. IBU KITA KARTINI - si HABIS GELAP TERBITLAH TERANG.

hm... ditelingaku sedeng mengalun KEMBANG PERAWAN by GITA GUTAWA
gadis kecil yang beranjak dewasa, dan menyanyi indah bak diva seriosa - kata papaku- coz suaranya mampu mencapai nada tinggi. dia juga kartini! kartini bagi mereka yang seusianya, menjadi contoh perempuan yang mau berusaha.

lalu, siapa sebenarnya kartini?
semua media bicara tentang kartini bulan ini, saat hari lahir perempuan penggerak emansipasi wanita itu, dan topik utama setiap berita adalah perempuan. namun seperti apa perempuan memahami arti emansipasi?
apa itu emansipasi wanita?

ah....
jangan sok menggurui!
aku tidak menggurui, aku hanya ingin tau, seberapa berarti perempuan hari ini.

sudah satu tahun ini aku mengerjakan tulisan tentang perempuan, yang ternyata masih juga ditolak penerbit karena alasan pasar.

aku salinkan sedikit ya....


Perbincangan panjang siang itu dengan Aldi membuatku menulis banyak malam ini, dengan senyuman, air mata, juga rasa-rasa aneh yang aku tak pernah tau sebelumnya, tapi kemudian aku menyimpulkannya dengan satu kata, bahagia.


Perempuan yang hidup dengan cinta...
Sebagian besar
Waktu hidup manusia
Dihabiskan untuk menikmati
Apa-apa yang dihadiahkan Tuhan
Apa-apa yang merupakan keberkatan
Dan perempuan
Yang hidup dengan cinta
Hadiah dan keberkatan dari Tuhan
Habiskan banyak waktu mereka
Dengan kecintaan mempercantik diri
Bersenang-senang
Dan menemukan cinta-cinta yang lain
Tapi
Apakah ketika mereka ditemukan oleh cinta dan kemudian mencintai
Masih sempatkah mereka mengingat Tuhan mereka

Aku tidak mau jadi seorang yang lupa akan kasih sayang Tuhan, jadi, setelah aku menemui bunda, aku bicara pada Tuhanku, sampaikan terima kasih karena telah mengirimkan padaku banyak cinta yang tak mungkin aku hitung.
Aku membingkai bahagiaku dengan biru, dan besok akan kuberikan pada Aldi.

ah....
aku menulis kalimat itu???
perempuan?
ya, perempuan lah yang bicara seperti itu...
meki kartini tidak pernah jelaskan seperti apa perempuan seharusnya, tapi saya sebagai perempuan berhak berpendapat kan????
sekian tahun menekuni fiksi, gak ada kepuasan berarti, jadi mulailah kartini "terasing" ini menulis puisi, artikel dan....

http://blue-earth.tk/

sajak-sajak tentang kartini yang aku tulis dihalaman itu adalah ekspresi asli perempuan!
lalu, seperti apa perempuan yang pantas disebut kartini di zamannnya?

ada pendapat sederhana dari orang yang berkomentar seperti aku

perempuan dan kartini
warna emansipasi
terlukiskan melalui ekspresi
pembuktian jati diri
tidak sekedar ikuti yang tak pasti

perempuan dan kartini
emansipasi pribadi
tak ada tuntutan mati
relativitas yang tak pasti
dan semua tergantung diri

perempuan
warna diri
ekspresi
jalinan emansipasi
lalu, apa lagi?

ya...
mengungkapkan sesuatu tanpa susunan baku tampak lebih mudah untukku
seandainya ada yang bersedia membantu....

cukup dulu deh...
semoga hari ini kartini tersenyum
karena kerja kerasnya jadi berarti bagi perempuan-perempuan Indonesia khususnya.

salam...
keep on hungry..

-phy-
plankplunk net.11

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan dan komentar anda disini