jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Wednesday, March 14, 2007

when you are...

ketika mahasiswa....
ada sebuah bait dirangkaikan oleh seorang perempuan yang duduk dimeja presidium...
hari itu....tentang kebersamaan dan forum yang ternyata menjemukan....
ah.....kalau boleh....dia bilang, "saya tidak suka palu sidang dan duduk didepan..."
dan dia memasang tampang jelek ketika forum sudah mulai menjemukan dan bahasan-bahasan mulai tidak bisa dikendalikan....
lalu dia bilang lagi..."apa harus format nya sidang, saya ingin berada diantara mereka dan bebas berpendapat..."
dan seorang teman bilang...."ketika mahasiswa adalah format gubahan masa depan, kita belum bisa jadi bagian dari keindahan gubahan itu..."
dia mengerutkan keningnya akan kalimat itu, karena ia tidak pahami maksudnya...
"ketika mahasiswa dinobatkan menjadi agen perubahan, mengawali masa depan dengan langkah perbaikan, forum ini belum bisa melakukannya..."
"kenapa?"
akhirnya dia mengerti dan bertanya....
ada banyak alasan yang disusun untuk mempermudah pemahaman kita...seperti ini :
mahasiswa yang memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan, adalahmereka yang BERKEPRIBADIAN dan BERPRINSIP.
dengan penataan ETIKA dan MORAL dipegang sebagai acuan jalannya...tidak perlu ada DEBAT KUSIR ketika mereka mengajukan sebuahpermasalahan dan kemudian dibahas.
kritis yang mereka lakukan tidak sekedarnya saja pastinya. haruslah punya orientasi dan resiko yang dihadirkan harus mau ditanggung....
mahasiswa yang kelak menjadi penggubah negeri ini, bukanlah yangbermental PREMAN... masih menyukai PENJARAHAN dan menengadahkan tangan meminta dibelas kasihani. mereka haruslah orang-orang yang memiliki mental pejuang, mau berkorban dan tidak mengharapkan balas jasa... atau belas kasihan yang tidak seharusnya....
tentunya mereka bukan orang-orang yang menjunjung tradisi-tradisi IDIOT masa lalu para PENJAJAH dan PENINDAS bangsa juga negri ini.
"ah... itu terlalu idealis..." mereka berkomentar
"memang harus idealis, dan itu dimulai dari pribadi yang palingkecil... diri kita" dengan positif teman itu membangun pemikiran.
mahasiswa yang akan menjadi pembesar negeri ini kelak.... mereka tidak akan berjalan dengan menatap kebelakang, menjadikan masa lalu orientasi, tapi yang mereka lakukan adalah BERJALAN MENATAP KEDEPAN, MENJADIKAN MASA LALU SEBAGAI REFERENSI DAN PEMBELAJARAN.
dan mereka itu adalah orang-orang yang mampu berfikir aktif, positif, dan tidakse-kena-nya saja....dan forum ini, masih butuh banyak penataan, bukan format ulang mendasar, namun REGENERASI dan TRANSFER INFORMASI yang memadai sehingga penerus-penerus kedepannya akan mampu membawa komunitas ini kedalam perbaikan yang memadai.
"dimengerti?" dan dia mengangguk paham seorang perempuan yang duduk di meja presidium hari itu, mengendalikan forum dengan sedikit kemampuan yang dia punya dan penguasaan materi yang tidak seberapa....
dia hanya berdoa..."semoga apa yang aku lakukan hari ini, adalah proses belajar yangtepat. semoga apa yang aku lakukan hari ini, akan dipahami sebagai usaha untuk melakukan regenerasi dan transfer informasi yang memadai...."
dan saat palu sidang diketuk tiga kali, forum itu selesai 4 maret 2007 jam 21.00 wib.
KETIKA MAHASISWA ADALAH DELEGASI PEMBAHARUAN MASA DEPAN MEREKA HARUSLAH ORANG-ORANG YANG BERDEDIKASI TINGGI MEMILIKI LOYALITAS DAN KEINGINAN BESAR UNTUK MELAKUKAN PERBAIKAN, PEMBAHARUAN DAN TERUS BERJUANG SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN
JAYALAH FK-TKI MAI
JAYALAH MAHASISWA ARSITEKTUR INDONESIA
-phy-
as SHAFIYYAH ULFAH @ pimsid pleno FK MAI XXIII JAKARTA
dan ketika mahasiswa adalah.....
aku hanya ingin bilang sama semua yang berstatus mahasiswa
ini adalah saatnya kita memulai pembaharuan
bukan berarti melakukan perubahan total...
tapi memperbaiki diri.....
mari kita mulai sama-sama...
-phy-

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan dan komentar anda disini