jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Wednesday, October 12, 2016

BERTAHAN

#OriflameChangesLives
#AkuMandiri
#bisnisbundamultitalent
.
Berawal dari, pengalaman memgikuti bazar hari Sabtu lalu... Di lingkungan baru, acara dadakan, tanpa persiapan, belum tau selera pasar.... Saya belajar tentang penolakan. Saya belajar untuk bertahan... Saya belajar tentang bagaimana semua proses ini adalah sesuatu yang akan menjadikan saya semakin kuat.


.


TANTANGAN BISNIS

.
.
Buat saya, menjalani hari ini dengan senyuman adalah sesuatu yang harus saya bangun satu persatu. Layaknya mendirikan sebuah rumah, saya menata pondasinya dari dasar, menyusun batanya satu-satu, saya mengaduk semennya, saya juga mendirikan tiang-tiangnya. Semua saya kerjakan setahap demi setahap.

Kalau ada yang bilang, seharusnya kamu kerja cepat, abaikan penghalang, lupakan galau, buang semua tukang bikin kacau. Saya akan menjawab, "siap laksanakan." Dan saya akan berusaha sekuat tenaga, menjalankan semuanya sebaik-baiknya, demi hasil yang baik yang jadi impian saya juga.

Namun, kita yang diciptakan sebagai manusia punya dua hal yang adalah hak kita, diberikan oleh Tuhan untuk dapat kita lakukan. Berencana, dan berusaha menjalankan semua rencana itu dengan sebaik-baiknya. Yang selebihnya itu Tuhan yang punya hak, memutuskan bagaimana pun hasil dari rencana dan usaha kita.

Dalam sebuah bisnis pun sama, yang terjadi setiap hari dimuka bumi ini tetap pada putaran yang sama. Setiap hari, kita berencana, berdoa, berusaha, dan berserah pada hasilnya. Kita tidak akan bisa melangkahi hasil keputusan yang ditetapkan Tuhan sebagai jalan hidup kita.

Sebagai seorang Muslim, ber-iman. Tuntutan untuk menjalani siklus itu lebih kompleks lagi, mentaati aturan-aturan agama, dan kemudian tidak meragukan apa yang akan jadi hasilnya. Bagaimana pun bentuk, rupa, dan wujudnya. Kita harus menerimanya.

Tantangan demi tantangan yang saya lalui, mengajarkan saya tentang banyak hal. Di bisnis ini, saya baru tau, pandangan "sinis" itu bisa dalam bentuk banyak rupa. Saya bisa memahami, ketika mendekat dan bertanya, kemudian akan ada kekhawatiran untuk diajak begini, begitu, ditawari ini dan itu, sekalipun yang ada dihadapan hanya duduk diam dan melempar senyuman. Saya kemudian jadi sangat mengerti, lebih baik menghindar, pura-pura tidak melihat, atau bahkan abaikan saja sekalipun disapa, adalah cara terbaik untuk tidak diajak bicara.

Saya kemudian paham, kenapa baru satu atau dua kali menawarkan, lalu ditolak, kemudian  seorang pemula MENYERAH. Saya kemudian mengerti, kenapa setiap terlontar pertanyaan ini-itu yang tidak dipahami, kemudian seorang yang terjebak pada pengetahuan dasar saja akhirnya memutuskan untuk BERHENTI.

Saya membangun ini satu-satu, saya mempelajarinya setahap demi setahap. Saya mungkin bukan pemula lagi, tapi saya masih berada di level pemula. Dimana saya masih harus lebih banyak menerima penolakan demi penolakan, yang akan semakin menguatkan saya dan mengokohkan saya dalam menjalani bisnis ini. Karena tantangan bisnis yang sebenarnya belum seberapa, dari pada penolakan demi penolakan hari ini.

Sambil saya menyusun lebih banyak tulisan dan pengetahuan umum tentang bisnis ini... Coba simak beberapa gambar ini. Semoga bisa jadi pencerahan kawan-kawan semua. Karena ini murni bisnis dengan sistem transaksi jual-beli barang (produk).

.selamat membaca.
.mari berbisnis.

#bisnisbundamultitalent
#AkuMandiri

.salam.
.phy.


.

Tantangan Bisnis

.

Ada yang dianggap sulit saat memulai sesuatu itu, dikarenakan beberapa hal :

1. Memandang orang lain lebih pintar, lebih bagus, lebih hebat.
2. Melihat segala hal *sepertinya sulit*, padahal belum dicoba.
3. Menilai pekerjaan hari ini jelek, tidak memuaskan, namun besok langsung berhenti, tidak dicoba lagi.

.
Lalu @aulia akan menanyakan, "kenapa kamu kok suka banget kasi tips jitu di dinding facebook. Ilmu dan pengalaman itu mahal." Ya, kalau saya cuma akan bisa jawab, "Aku gak mau sukses sendiri, Li. Karena proses belajar itu semenyenangkan proses kita berteman."

.
Tidak ada yang semua langsung tau, semua langsung bisa, semua langsung sukses. Prosesnya bertahap, dan menjaga konsistensi itu PENTING. 
Sama hal nya seorang ibu hamil, melahirkan, bayi pun melampaui proses satu-satu sampai dia bisa tengkurap, merangkak, berjalan, berlari, dan hingga dewasa semua berproses.

.
Dalam bisnis pun sama, kalau mau lihat hasil foto dan tulisanku tentang #Oriflame tahun-tahun berlalu, rasanya masih mentah banget. Bisa malu dan tutup muka sekarang. Kalau ada pemula yang baru sehari update status lalu bilang, saya pengen bisa nulis status kayak kamu. Hehehee... Saya juga pengen bisa nulis status yang hebat dan membangun semangat seperti para leader itu.

.
Hari ini, saya punya beberapa kawan yang baru akan memulai, saya sangat berharap mereka cepat belajar, jangan malu bertanya, dan juga terus mencoba dan mencoba.
JANGAN MENYERAH SEKARANG. Jangan menyerah sebelum dapat transferan dari bisnis yang modalnya cuma seharga uang jajan anak SMA jaman sekarang.


.salam.
.phy.
#bisnisbundamultitalent
#AkuMandiri
#CeritaPebisnis
.


.
TANTANGAN BISNIS

.
.

Saya gak akan heran, kalau mendadak ada yang *meremehkan* saya, ketika saya bilang, "bisnis ini modalnya hanya 49900 rupiah aja kok."

Saya gak akan merasa aneh, kalau tiba-tiba teman saya gak jawab sms, atau chat cuma dibaca aja, atau ngajak ketemuan malah alasan sibuk, repot, bisa juga gak sempat, ketika mereka tahu saya serius di bisnis ini.

(( Kenapa??? Gak mau di prospek, ya...??? ))

Gak heran kok, lagian ini ditulis bukan buat nyindir siapa-siapa yang pernah berlaku begitu pada para *konsultan independen* seperti saya.

Saya menuliskan ini, sebagai gambaran... Seperti apa tantangan di bisnis ini. Gak akan semua orang sekali ditawari langsung mau, gak mungkin semua teman disodori langsung iya, gak juga sanak-famili-saudara diajakin langsung OK. Ini bisnis, dan setiap bisnis ada tantangannya.

Ada yang semangat memulai langkah di bisnis ini, tapi begitu dilarang suami, langsung berhenti. Bukannya mengajari untuk melawan suami, coba dulu pelajari bersama, dengarkan penjelasan dan cara kerjanya. Toh kalau dicoba serius, hasilnya pasti ada. MAU??
Ada juga yang tiap mau mulai prospek, ajakin teman-teman ngumpul, trus dibilang MODUS, gak jadi datang kumpul-kumpulnya. Kenapa harus sibuk dengan omongan negatif orang lain. Kalau bisanya cuma menyerah, kapan bisa merdeka? Merdeka finansial, pubya kebebasan waktu bersama keluarga, tidak perlu pusing mikirin biaya anak masuk sekolah, atau bahkan bisa dengan suka-hati berbagi dengan orang tua dan keluarga.

.
Yang namanya target hidup itu harus di "upgrade", begitu katanya. Kalau mau terus-menerus seadanya di jaman yang semua-mua pakai 'bayar' ini, maka mungkin lebih baik kita mengungsi ke hutan, tinggal di dalam gua, dan jangan keluar atau mampir di pinggir jalan raya. Karena kehidupan selalu berubah setiap harinya, dan perbedaan cara pandang pada pola berjalannya dunia akan lebih cepat membuat kita terkucilkan, walau alasannya tidak disebutkan.

.
Terlalu berat? Gak nyambung dengan maksud *tantangan bisnis* nya?
Karena kadang, kita harus bisa menyimpulkan suatu hal, hanya dengan mendengarkan ceritanya.

.salam.
.phy.
#bisnisbundamultitalent
#AkuMandiri
#CeritaBunda


No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan dan komentar anda disini