Powered By Blogger
Jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Monday, August 05, 2013

[ephy] Mencuplik : Catatan Cinta Bintang dan Angkasa



CACATAN CINTA BINTANG & ANGKASA (CCBA), Cerita ini aku tulis dengan niat awal dan akhir yang berbeda. cara penyampaiannya masih dengan bahasa yang sangat sederhana dan sering salah eja. Maklum masih pemula.
Aku sangat ingin punya karya Novel sejak lama, tapi stagnansi setiap kali menemukan konflik, dan tidak punya solusi menjadikan cerita-ceritaku hanya bertahan pada satu alur sederhana dengan konflik yang tidak memuncak, atau meruncing setajam pensil yang baru diraut.

Dalam hati aku bertanya
Apakah bunda pahamiku
Apakah bunda mengerti maksudku
Meski aku tak mampu katakan
Dan tetap membisu terdiam
Apakah bunda tau aku rindu...
Dalam hati aku berteriak
Bunda...
Pahami aku
Mengertilah maksudku
Dekap dan peluk aku dalam hangatmu
Agar kau mengerti
Sungguh aku menyayangimu


Kalau kata editor yang baru aku kenal beberapa waktu lalu, mungkin dalam terjemahanku, bahasa yang aku gunakan dalam CCBA ini cenderung klise, terlalu biasa, dan sangat sederhana. Tapi sebagai sebuah pembelaan yang berani, aku akan mengatakan ini adalah karya yang bisa aku selesaikan dengan bahagia. Walau tidak semua cerita selalu berakhir bahagia.

Kisahnya adalah tentang seorang gadis muda bernama Bintang, yang jatuh cinta pada Angkasa. 
Siapa Angkasa?

Dua tokoh ini saling bercerita, Bintang bercerita, Angkasa bercerita. aku memilih gaya menulis seperti ini, karena aku selalu khawatir pada jumlah kata yang bisa aku rangkaikan untuk memperpanjang cerita. Walau sebenarnya aku kurang setuju dengan model ; memanjang-manjangkan jalan cerita.
Kebiasaan yang sulit dihapus karena rutinitasku menulis adalah dimulai dari puisi dan cerpen.

Hal alin yang istimewa dalam kisah ini adalah, rangkaian bait-bait cantik yang memang aku tuliskan dalam keseharianku, menengahi waktu sibukku, dan itu melengkapi 'rasa' dalam cerita antara Bintang dan Angkasa yang saling tidak mampu menggambarkan rasa hati mereka.

Ah...
Sungguh menyenangkan membaca ulang naskah ini. dan akhirnya aku bisa mewujudkannya dalam sebuah buku.
Semoga ulasan singkat ini bisa menarik para pembaca untuk mengulik lengkap isi ceritanya, dalam buku Catatan dan Novela : http://nulisbuku.com/books/view_book/4624/catatan-dan-novela

note:
Kalau mau pesan lewat saya, boleh...
tinggalkan komentar dalam postingan ini ya.
atau bisa mention saya di twitter ; @AnakkuSaffanah
dan mssg di Facebook ; /tokobundasaffa

Terimakasih
-ephy-

No comments:

Post a Comment

tinggalkan pesan dan komentar anda disini