jangan lupa tinggalkan pesan anda dan komentar anda setiap kali berkunjung ke halaman ini ya.....

Friday, December 04, 2009

[HOUSE] Apartemen di Malang - sekali lagi, sebuah tantangan

Untuk memastikan, coba cek dulu kebenaran-nya disini

sebuah tower/menara setinggi lebih kurang 15 lantai akan menjadi dinding sungai yang baru... segera.

untuk presentasi jelasnya baca dulu yang ini.
ada lay out lokasi dari calon menara ini

aku berencana datang ke acara lounching-nya, (5 desember 2009) di hotel Santika. tapi sayangnya yang bisa datang hanya by invitation.

awal bulan kemaren sempet kaget waktu baca wall teman-ku di fb, dan temannya temanku itu ada yang menawarkan undangan acara lounching apartemen itu.
lebih dua minggu aku memastikan bahwa memang lokasi-nya memang di titik itu...

dan percaya gak percaya, dalam 3 hari ini iklan promo-nya ada di media lokal kota malang. dan siang ini aku cek di web-nya... yang isinya hanya 1 gambar... dan memang disitulah lokasi-nya... ditambah spanduk dan baliho yang dipajang di lokasi tersebut...

i can't imagine that...

kenapa saya tidak bisa percaya?
karena beberapa alasan

1. lokasi di sepadan sungai Brantas, yang menjadi pembelah kota Malang. lebih kurang 50 m dari sungai dengan kontur curam lebih dari 10 m.

2. lokasi yang enterance-nya berhadapan langsung dengan jalur TER-sibuk di Malang. terutama saat jam kerja dimulai karena terdapat dua kampus besar yang memanfaatkan jalur sibuk tersebut sebagai main enterance-nya.

3. lokasi tersebut tidak memiliki view yang "cukup-menyenangkan", dalam artian, diseberang sungai, terdapat pabrik es, pekuburan, dan permukiman padat penduduk. walaupun itu bukan hal yang negatif, tapi kalau tidak di atas lantai 5, pemandangan tersebut akan jadi bagian dominan arah selatan bangunan.

ini adalah tantangan berat yang harus segera dipecahkan, apakah perencanaannya sudah sesuai dengan izin dan AMDAL, dan apakah resiko tanah labil bisa diatasi dengan perkerasan buatan, terlebih pondasi untuk 15 lantai dan 700 lebih unit hunian, itu bukan suatu hal yang "MUDAH"

pembangunan dan target perkembangan kota kelahiran-ku ini memang mengagumkan, terlebih setelah 20 tahun berjalan, banyak perubahan yang sangat signifikan dilakukan oleh pemerintah daerah.

Mulai dari shoping center di tengah komplek pendidikan,
Shoping center di kawasan olah-raga kota
usaha perombakan bangunan kolonial menjadi pusat plasa di komplek perbelanjaan...
sampai sekarang...
Promo Apartemen pertama di kota Malang.

ini bukan review, tapi juga bukan cuma kritik...
ini hanya wacana yang harusnya mereka semua tau...
tantangan mengembangkan kota itu bukan hal sepele.
bukan sekedar bayar ini - itu trus bisa langsung jadi...

ok. yang berikutnya saya usahakan bisa posting gambar-gambar lengkap pembangunannya.

-salam hormat-
ephy



3 comments:

  1. hmmm...

    kl patah kan lumayan...
    tinggal nyemplung k kali brantas :D
    macam g da tempat laen aja...
    kl apartemen harga mahasiswa kek-y bakalan laku tuh...

    ReplyDelete
  2. iya..pertama lihat iklan2nya sama bendera2 di lokasi juga kaget.
    baru diajarin tentang tata kota, jadi masih fresh kalo rencana pembangunan itu benar2 bikin bertanya tanya :O

    ReplyDelete
  3. dear mbak iq : kali brantas memang tempat nyemplung, mbak :p

    hi niniss : kuliah dimana? kalau mau kamu bisa bantu bikin review pembangunannya. :)
    ( note : just contact me by email)

    ReplyDelete

tinggalkan pesan dan komentar anda disini